Laman

Friday, November 2, 2012

Boring Rojok

Boring Rojok/Kocok horizontal merupakan metode boring horizontal dengan menggunakan Pipa PVC berukuran 1,5 / 2 inch, diujung pipa PVC dilengkapi dengan besi Galpanis yang telah diruncingkan, untuk membantu pekerjaan dibantu air untuk melunakkan tanah yang dirojok. lebar galian 0,8 meter x panjang 1,25 meter x kedalaman 1,6 meter Jarak antara lubang galian (span) maksimal 25 meter.

Pekerjaan dengan menggunakan Boring Rojok banyak kita lihat di proyek pemasangan kabel Fiber Optik dan Tembaga untuk Jaringan Komunikasi.




Adapun peralatan yang digunakan untuk pekerjaan Boring Rojok/kocok antara lain:
1. Pipa PVC 1,5 inch tebal 2,2 mm ( banyaknya tergantung kemampuan rojok ).
2. Pipa Galvanis 1,5 inch dengan panjang 10-20 cm dan ujung pipa diruncingkan.
3. Ember,
4. Cangkul,
5. Belincong/Gancu,
6. Golok,
7. Karet Ban bekas.

                                       

Cara Kerja :
Pertama-tama buatlah lubang galian (feet) mulai dari titik awal dengan jarak masing-masing lubang 10-25 meter, setelah lubang siap mulailah dengan meluruskan titik tujuan bor agar arah pipa tidak melenceng lalu mengisi air ke lubang galian setelah dirasa cukup, pipa yang mempunyai mata pisau dari galvanis mulai di tusukkan ke dinding tujuan pengeboran dengan cara mendorong-dorong pipa dibantu air, apabila sudah masuk pipa 1 meter sambung kembali dengan pipa tanpa mata pisau terus menerus sampai menembus lubang galian kedua. Biasanya setelah mencapai jarak 100 meter lubang bor tersebut dimasukkan casing (pelindung kabel atau SubDuct) warna dari casing bermacam-macam warnanya. warna tersebut bisa juga menandakan sebuah perusahaan yang mempunyai kabel tersebut.


Bila memerlukan jasa Galian silahkan hubungi saya..

Terima kasih